23 Mei 2008

Memelihara Berat Badan

TIDAKLAH mudah untuk menjaga berat badan yang ideal, karena ada dua pola makan yang tidak normal yang bisa menjadi penyebab kegemukan yang biasanya dipicu oleh stres. Yang pertama dipicu oleh makan banyak (binge eating disorder). Yang kedua yaitu makan di malam hari (night-eating syndrome), bisa karena kurang nafsu makan di pagi hari atau karena mengalami insomnia (gangguan tidur).

Berikut ada tips yang bisa anda gunakan sebagai solusi menjaga berat badan.

1. Bulatkan tekad untuk memiliki tubuh ideal. Jangan melakukan diet dengan ragu-ragu atau setengah-setengah, karena akan membingungkan proses pencernaan di dalam tubuh.

2. Pandai mengatasi rasa lapar. Rasa lapar timbul bila karena kadar gula dalam darah berkurang atau lambung dalam keadaan kosong. Jika terpaksa pilihlah makanan rendah kalori tapi mengenyangkan, misalnya sayur atau buah. Untuk makanan yang diolah, pilihlah yang direbus. Bila yang timbul rasa haus, maka cukup meneguk segelas air putih atau minuman bebas kalori lainnya.

3. Mengatur pola makan. Mulailah mengkonsumsi lebih banyak makanan berserat, karena timbunan lemak dalam tubuh berasal dari jenis makanan berlemak, protein, dan karbohidrat. Jadi kurang tepat bila kita hanya mengurangi jenis makanan lemak, karena makan karbohidrat yang berlebihanpun akan ditimbun dalam bentuk lemak.

4. Makan atau mengemil bukanlah penghalau stres. Jika anda terbelit persoalan, cari jalan keluar atau sementara alihkan perhatian dengan berolahraga. / sm /
.
Sumber : Kaltim Post

Tidak ada komentar: